Banjarbaru, Aktual.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) secara virtual mulai 7 sampai 9 April 2021.

Kafilah peserta MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan akan mengikuti lomba dari daerah masing-masing dan para juri melakukan penilaian di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA di Banjarbaru, Selasa, mengatakan bahwa masyarakat bisa menyaksikan siaran langsung MTQ melalui radio atau televisi mitra Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

MTQ secara virtual hanya berlangsung tiga hari, lebih cepat dari rencana awal pelaksanaan MTQ yang dijadwalkan berlangsung 3 sampai 9 April 2021. Pelaksanaan lomba dalam MTQ virtual dilakukan menggunakan sistem gugur sehingga prosesnya lebih cepat.

Safrizal meminta panitia penyelenggara memastikan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tidak sampai menimbulkan kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19.

“Panitia agar tidak menyediakan tempat untuk menonton langsung MTQ,” katanya.

Pemenang MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan akan mewakili Kalimantan Selatan dalam MTQ Tingkat Nasional yang dijadwalkan berlangsung Oktober 2021.

Panitia MTQ Kalimantan Selatan sebelumnya membatalkan acara pembukaan dan menunda pelaksanaan MTQ di Kabupaten Tanah Bumbu karena sebagian anggota kafilah peserta dikonfirmasi terserang COVID-19 sehingga harus menjalani karantina.

Hasil pemeriksaan menunjukkan 170 anggota kafilah peserta MTQ terserang COVID-19 sehingga harus menjalani perawatan dan karantina di Kabupaten Tanah Bumbu sampai sembuh.

Sebanyak 1.168 anggota kafilah yang dikonfirmasi tidak terinfeksi virus corona dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Peserta yang terinfeksi virus corona diperbolehkan mengikuti lomba dengan menggunakan fasilitas yang tersedia.

“Bila dinilai tidak aman, sinyal di tempat karantina tidak cukup, maka yang bersangkutan tidak bisa ikut lomba,” kata Safrizal.

(Warto'i)