Jakarta, Aktual.co — Ketua Pengurus Muhammadiyah Lampung Nurvaif Chaniago mengatakan, presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla yang segera dilantik, harus mewujudkan gagasan Trisakti yang diusung agar negara ini menjadi makmur.
“Gagasan Trisakti yang diusung Jokowi-JK sangatlah baik, dan jika benar-benar terwujud negara ini akan makmur,” kata dia, di Bandarlampung, Minggu (19/10).
Dia menilai, dengan melihat kondisi politik nasional saat ini, cukup kondusif dan merupakan awal yang sangat baik untuk memulai pemerintahan baru, mengingat untuk mewujudkan semua itu pihak legislatif dan eksekutif haruslah sejalan.
Jika semua sejalan, saling menghargai satu dan yang lainnya, dapat dipastikan tidak akan ada yang menghambat kemajuan pemerintahan.
“Untuk mewujudkan program dan Trisakti sesuai ajaran Bung Karno, rakyat harus ikut berperan,” kata dia.
Dalam ajaran Trisakti tersebut, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan, jika terwujud tentu rakyat akan makmur tidak akan ada lagi yang miskin dan kaya.
“Pemerintah harus bisa membuat semua sejahtera, tidak ada lagi perbedaan antara kaya dan miskin, semua saling membantu.”
Apabila kesejahteraan rakyat bisa meningkat, tentunya keamanan pun akan ikut membaik. Selain itu, pemerintahan baru, menurut dia, harus bisa membingkai perbedaan dengan kebersamaan dalam prinsip Bhinneka Tunggal Ika, salah satunya dengan cara menjaga silahturahmi dengan baik.
“Hidup adalah kemampuan untuk membingkai perbedaan, dengan berkorban harta yang memiliki harta lebih dan ilmu yang mempunyai ilmu, serta tenaga bagi yang memiliki tenaga,” kata dia.
Keberagaman sangat indah, apabila setiap individu saling membantu dan menghargai.
“Semoga pemimpin baru ini dapat diberikan kemudahan dalam memimpin negara ini,” kata Nurvaif.

()

()