Jakarta, Aktual.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Jasa Marga meninjau kesiapan jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated II, yang segera dioperasikan untuk umum.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, dari peninjuan ini pihaknya akan melakukan evaluasi apa saja yang harus dimatangkan sebelum tol digunakan pada 15 Desember mendatang.

“Kami akan tinjau dari kilometer sepuluh hingga 48. Sejak awal kami sudah mempersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik,” ujar Istiono ketika meninjau lokasi, Minggu (8/12).

Ia menilai jalan tol layang terpanjang di Indonesia itu sudah layak dilewati. “Ada standar minimal Jasa Marga dan Kemenhub. Kalau standar jalan tol, saya pikir sudah layak lah (dilewati),” sambung Kakorlantas.

Istiono memprediksi, titik macet di jalan tol layang ini berada di KM 48. Titik itu merupakan exit tol yang mempertemukan kendaraan dari berbagai arah.

“Titik persinggungan nanti terjadi di KM 48, ada penyumbatan tol exit sedikit, saya pikir diurai ya. Saya perhatikan juga nanti rest area itu supaya kita atur dengan baik,” tuturnya.

Menurut Istiono, keberadaan tol layang ini sangat bermanfaat untuk kelancaran arus mudik libur natal dan tahun baru karena bakal mengurai kepadatan yang biasa terjadi di kilometer 48 tersebut.

“Tentu ini sangat membantu, tetapi kami akan tetap siaga (kalau terjadi kepadatan), kami akan memberlakukan one way, kemudian contra flow,” sambung Istiono.

Jenderal bintang dua ini menambahkan, hal tersebut dilakukan sesuai situasi di lapangan. Apabila arus lancar, maka Polri tak akan melakukan one way ataupun contra flow.

Ketika disinggung soal kesiapan sarana dan prasarana, Istiono meyakini hal tersebut sudah siap. Tentunya dari pengembang jalan tol sudah memikirkan hal itu, tinggal nanti penanganan ketika ada insiden (di atas tol layang), itu harus disiapkan,” terang Istiono.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated II sudah bisa dimanfaatkan pengendara pada libur Natal dan Tahun Baru 2020. Jalan tersebut juga direncanakan dibuka pada 15 Desember mendatang.

(Zaenal Arifin)