Jakarta, aktual.com – Nama Bob Hasan yang merupakan Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) terus menjadi perbincangan di publik.

Pasalnya, nama Bob Hasan disebut menjadi orang yang paling berjasa besar atas kemenangan yang diraih pelari tercepat dengan gelar juara dunia dalam laga tanding U-20 di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri.

Kesuksesan Lalu menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Untuk kali pertama, atlet dibidang atletik Indonesia berhasil menjadi juara di ajang tersebut.

PASI bersyukur dengan hasil tersebut. Dia meminta agar lalu diberi dukungan, bukan pujian berlebihan.

“Sesuai ekspektasi? Ya, kan di Kejuaraan Asia Atletik di Jepang, (Lalu) sudah pernah juara. Dia mengalahkan wakil tuan rumah dan Malaysia. Tapi, tadi saya bilang ke Komandan Kontingen Asian Games (Syafruddin) jangan dipuji-puji nanti kepalanya besar, jadi tegang, malah kalah,” kata Bob saat berkunjung di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (12/7) kemarin.

Bahkan, nama Bob dalam sejumlah ulasan di media sosial (Medsos) sangat berjasa dan bila dibandingkan dengan perhatian dari pemerintah daerah setempat, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan tempat tinggal, Lalu.

“Bukan Pemda NTB, bukan pula Menpor, Apalagi Jokowi tetapi seseorang yang bernama Bob Hasan yang menanggung semua biaya (keberangkatan Lalu ke Finlandia,red), setelah juara semua mencari simpati dan pencitraan, sedangkan Bob Hasan ikhlas dan terekspos,” begitu bunyi kutipan yang kini menjadi viral di media sosial, salah satunya di What’s up Group (WAG).

Bahkan sebelumnya, Bob Hasan, mengatakan kemenangan Lalu Muhammad Zohri agar tidak terlalu dibesarkan menyusul kekhawatiran ketidaktenangan yang muncul pada atlet Nusa Tenggara Barat itu.

“Saya menyampaikan kepada CdM agar tidak memuji Zohri. Nanti besar kepala dia, kalau udah begitu, dia gugup bisa kalah. Jadi, biasa-biasa saja,” katanya di Jakarta, Kamis (12/7), tentang pembicaraannya bersama Komandan Kontingen Indonesia (Chef de Mission/CdM) dalam Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin.

Pria yang akrab disapa Bob Hasan itu mengatakan alasan untuk tidak terlalu memuji atlet yang telah meraih gelar juara dunia lari 100 meter pria U-20 itu adalah kemungkinan cedera jika Zohri terlalu gugup jelang Asian Games.

“Yang saya takutkan, Asian Games ataupun pertandingan lain dia tegang, cedera,” ujar Bob Hasan.

(Novrizal Sikumbang)