Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 11 cabang olahraga dalam ajang Asian Games 2018 akan dipertandingkan di Palembang, Sumatera Selatan.

“Cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Palembang ada 11 yaitu kano, rowing, kriket, menembak, bridge, rugby, triatlon, voli pantai, sepak bola, bola tangan, dan basket,” ujar Ketua Komisi Koordinasi Dewan Olimpiade Asia (OCA) Tsunekazu Takeda dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa sore (11/8).

Keputusan tersebut, kata dia, diambil setelah melakukan peninjauan kesiapan fasilitas olahraga di Palembang pada Senin (10/8) dan membahas penyelenggaraan Asian Games 2018 dalam Coordination Committee Meeting (COCOM) yang diadakan di Palembang dan Jakarta.

“Kami sangat yakin untuk menerima ‘master plan’ dari Jakarta dan Palembang. Kedua kota tersebut nantinya akan saling mendukung untuk kesuksesan Asian Games 2018,” tutur Takeda.

Selain itu, rapat yang juga dihadiri panitia penyelenggara yang diketuai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo dan beberapa pejabat Kemenpora itu juga telah menentukan nama resmi untuk pesta olahraga bangsa-bangsa Asia tersebut.

“Sesuai dengan hasil kongres secara tegas menyatakan namanya adalah ’18th Asian Games Jakarta 2018′,” kata Takeda.

Sesuai dengan nama acara, maka upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 akan diadakan di Jakarta.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rita Subowo sebagai ketua penyelenggara mengatakan akan menindaklanjuti hasil keputusan COCOM tersebut dengan menghubungi beberapa federasi olahraga internasional dan Asia untuk meminta bantuan mereka dalam memastikan kesiapan dan kondisi setiap “venue” atau lokasi pertandingan.

“Sejauh ini kami sudah menghubungi 21 federasi olahraga internasional untuk membantu memastikan bahwa renovasi yang kami lakukan terhadap tiap-tiap ‘venue’ memang sesuai dengan standar internasional,” tuturnya.

Seperti diketahui, Asian Games 2015 di Jakarta dan Palembang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang 29 di antaranya merupakan cabang olimpiade.

Untuk cabang lainnya merupakan usulan dari tuan rumah di antaranya pencak silat.

(Ant)

()