Jakarta, Aktual.com – Penyebaran kasus omicron terus meluas, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil rapat terbatas penanganan pandemi Covid – 19.

“Omicron memberikan risiko perawatan dan juga tingkat kematian yang rendah, namun kecepatan virus ini menginfeksi yang menyebabkan kasus meningkat tajam,” kata Luhut Binsar Pandjaitan pada keterangan persnya, Senin (25/1) kemarin.

Dalam seminggu terakhir kasus harus terus meningkat khususnya wilayah Jawa – Bali. Kenaikan diidentifikasi masih bersumber dari wilayah Jabodetabek. Namun infeksi dari pelaku perjalanan luar negeri sudah berkurang di bawah 10%.

“Pemerintah tetap waspada terutama melihat angka reproduksi efektif mulai mengalami peningkatan. saat ini angka RT di jawa sudah mencapai 1 dan Bali lebih dari 1,” jelasnya.

Tetapi pemerintah masih yakin kasus varian omicron tidak akan meledak seperti yang terjadi di Afrika Selatan. Melihat tingkat vaksinasi yang tinggi dan kedisiplinan warga di Indonesia yang lebih baik.

(Diva Ladieta)

(Aktual Academy)