Anak-anak bermain permainan tradisional saat peluncuran rogram donasi pelanggan bertajuk “Senyum Indonesia”, berfokus pada pemberian bantuan untuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Giant meresmikan program donasi pelanggannya dengan nama “Gerakan Inspirasi Anak Teladan Indonesia (GIAT Indonesia)”, dimana pemberian bantuannya untuk mendukung kemajuan pendidikan Sekolah Dasar (SD). AKTUAL/Eko S Hilman

Semarang, Aktual.com – Para orang tua diimbau memperhatikan tumbuh kembang anak masing-masing agar menjadi generasi penerus yang berkualitas, kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

“Dengan memperhatikan tumbuh kembang putra putrinya, terutama menyangkut gizi yang cukup, fisik sehat, dan otak cerdas diharapkan tercipta generasi bangsa yang berkualitas sehingga negara akan maju,” kata dia di Semarang, ditulis Kamis (9/8).

Menurut dia, hidup sehat tidak hanya terkait gizi, karena kebersihan lingkungan juga penting dalam upaya menjaga kesehatan, termasuk pola hidup sehat.

“Biasakan membersihkan lingkungan rumah, tidak lupa mencuci tangan, sayur, maupun buah-buahan yang akan dikonsumsi,” ujarnya.

Selain kesehatan, kata dia, bidang pendidikan juga tidak kalah penting dalam upaya memajukan Indonesia di tengah persaingan global.

Menurut dia, semua anak Indonesia berhak memperoleh pendidikan minimal mengenyam wajib belajar sembilan tahun atau sampai jenjang SMP atau SMA, sedangkan bagi yang tidak mampu sekolah, pemerintah, serta lingkungan sekitar harus membantu.

“Bagi yang kurang mampu, pemerintah dan lingkungan harus membantu. Dari tingkat RT, kelurahan, hingga kabupaten/kota dan provinsi ikut terlibat bergotong royong membantu. Jangan sampai ada anak usia sekolah yang tidak sekolah,” katanya.

 

Ant.

()