Jakarta, Aktual.com – Politisi Senior PAN, Taufik Kurniawan menilai pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono terkait proses hukum Ahok harus terus berlanjut, pasti memiliki tujuan yang positif.

Sebab menurutnya, SBY merupakan presiden RI keenam yang tentu ingin menjaga perdamaian nasional. Hal itu pun berlaku untuk mantan presiden Indonesia lainnya.

“Menurut saya Pak SBY, Bu Mega juga Pak Habibie beliau kan mantan-mantan presiden kita, jadi setiap kali apa yang disampaikan tentunya pastilah memiliki tujuan yang baik. Tujuan yang sama-sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” ujar Taufik di Jakarta, Kamis (3/11).

Taufik mengatakan, segala bentuk pernyataan dari figur yang pernah menjadi presiden harus lah dihormati. Apalagi, SBY ini terpilih dari 250 juta penduduk secara langsung. Termasuk juga, presiden Jokowi.

Lagipula, kata Taufik, pernyataan SBY sebagai saran untuk meredam agar pada aksi 4 November tidak memancing keributan.

“Kalau ada yang menyatakan itu, menurut saya tujuannya baik, agar jangan sampai kejadian-kejadian yang lalu terlalu Represif. Ini preventifnya harus dilakukan, komunikasi disampaikan. Walaupun bermaksud tidak untuk melarang orang berdemo,” jelas Taufik.

“Kalau sekarang demo di larang, lucu. Undang-undangnya boleh kok. Asalkan itu tertib dan damai dan tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Wakil Ketua DPR ini.

Sebelumnya SBY menyatakan agar persoalan kasus dugaan penistaan agama tidak semakin besar, tidak boleh ada kesan Ahok kebal hukum.

“Ya Pak Ahok harus juga diproses secara hukum, jangan sampai beliau dianggap kebal hukum. Ingat equality before the law, itu nilai-nilai keadilan,” ingat SBY.

(Arbie Marwan)