Jakarta, Aktual.com — Pemuda di Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat diajak untuk mengembangkan sektor perikanan dalam rangka meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat.

“Kami ajak pemuda di Polman untuk dapat memanfaatkan sumber daya daerah mengembangkan budi daya ikan air tawar,” kata Ketua Dewan Pengurus Kabupaten Forum Persaudaraan Pemuda Sulawesi Barat, Kabupaten Polman, Basri di Mamuju, Minggu (27/12).

Dia mengatakan, lahan dipesisir pantai Kabupaten Polman yang wilayahnya terletak diujung selatan Provinsi Sulbar sangat potensial digunakan untuk mengembangkan sektor perikanan khususnya budi daya air tawar.

“Lahan tersebut dapat dimanfaatkan para pemuda untuk mengambangkan sektor perikanan tersebut karena akan dapat membantu menjadi lapangan kerja dan otomatis dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut dia, apabila pemuda memiliki orientasi kerja dengan memanfaatkan sumber daya alam maka otomatis pula dapat memacu pembangunan ekonomi daerah.

“Polman daerah tertinggal dan miskin, sehingga lapangan kerja mesti terus dibuka untuk masyarakat, sehingga peran pemerintah juga penting untuk mendukung pemuda mengelola setiap sumber daya yang ada,” katanya.

Dia mengatakan, pemuda di Kabupaten Polman yang merupakan daerah dengan jumlah penduduk terpadat di Sulbar harus terus menerus diorientasikan untuk membuka lapangan kerja dan tentu ini juga tugas pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat lainnya.

“Polman merupakan daerah maritim yang perlu terus dikembangkan kedepan karena potensial dan FPPS Polman akan tetap bekerja memberikan masukan kepada pemerintah mengenai setiap upaya memajukan daerah,” katanya,

(Ant)

(Wisnu)