Jakarta, aktual.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meluncurkan Program NU Tech sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat cakap digital, sekaligus bagian dari perayaan Satu Abad NU dan peningkatan teknologi bangsa.

“Anak-anak muda bisa belajar macam-macam teknologi. Dengan tujuan, menciptakan anak muda melek teknologi yang punya semangat memajukan organisasi, bangsa dan negara,” ujar Ketua Organizing Committee Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (2/12).

Yenny mengatakan Program NU Tech ini menyediakan berbagai kegiatan seperti Capture The Flag Competition, Innovation Piching Competition, seminar teknologi, Akademi Narasi dan Digital Learning Scholarship.

Menurutnya, NU Tech ditujukan bagi banyak kalangan, tidak hanya dari nahdliyin saja, tapi dari pelajar, santri dan mahasiswa yang ingin mengembangkan diri serta memajukan kapabilitas digital.

“NU Tech akan memberikan pelatihan teknologi untuk generasi muda supaya kemampuan digitalnya naik. Agar tidak jadi objek kemajuan teknologi, tapi pemain utama,” kata dia.

Sementara itu, Ketua PIC NU Tech Harlah Satu Abad NU M. Fajrin Rasyid menjelaskan pada Capture The Flag Competition, talenta muda Indonesia dapat menunjukkan serta mengasah keterampilan perlindungan data siber melalui penyelesaian kasus di CTF Competition.

Sementara dalam Innovation Pitching Competition, talenta yang memiliki ide serta inovasi akan mendapat tempat untuk menyampaikan dan melatih keterampilan pitching terhadap ide inovasi yang dimilikinya dalam bentuk prototipe.

Selain itu, kata dia, peserta juga diberikan kesempatan belajar, mulai dari seminar dan kelas ranah teknologi melalui Akademi Narasi dan Seminar Teknologi.

Mereka juga akan mempelajari banyak topik digital di platform pembelajaran myDigiLeam melalui Digital Learning Scholarship.

“Menuju abad kedua, teknologi jadi bagian penting. Semua kegiatan melibatkan teknologi digital,” kata Fajrin.

Ia mengatakan bagi generasi muda yang tertarik untuk ikut dalam program NU Tech, dapat mendaftar melalui laman nu-tech.id. Langkah selanjutnya akan ada pemberitahuan melalui surat elektronik yang nantinya sebagai verifikasi untuk masuk ke akun NU Tech.

Menurutnya, Program NU Tech dibuka mulai 2 hingga 19 Desember 2022.

“Talenta akan diberikan kesempatan untuk belajar banyak terkait topik pembelajaran digital, menyampaikan ide, semua bisa belajar dengan mudah dan go digital,” ujarnya.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)