Jakarta, Aktual.co —Pengelolaan PD Pasar Jaya terhadap pasar-pasar tradisional di Jakarta dianggap masih mengecewakan dan belum cukup memadai.
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menilai pengelolaan PD pasar Jaya terhadap pasar tradisional baru sebatas pengelolaan demi mengutamakan kepentingan pendapatan daerah semata, ketimbang untuk memajukan pedagang. 
“Manajemen pengelolaan pasar yang dilakukan oleh PD Pasar Jaya selama ini belum cukup memadai dan cukup. Pengelolaan hanya sebatas pada pengelolaan konvesional yang tidak mementingkan pedagang. Mereka lebih mengutamakan kepentingan pendapatan daerah dibandingkan membuat pedagang menjadi maju,” ujar Ketua IKAPPI, Abdullah Mansuri kepada Aktual.co, Senin (26/10).
Mansuri menyontohkan bentuk ketidakbecusan PD Pasar Jaya dalam mengelola pasar tradisional. Yakni kebakaran yang terjadi di Pasar Senen beberapa bulan lalu.
“Kebakaran di Pasar Senen lalu membuktikan ketidakmampuan PD Pasar Jaya dalam mengelola pasar. Tentu saja ini sangat mengancam dan memprihatinkan karena tidak dapat membuat pasar tradisional berkembang. Terlebih lagi karena munculnya pasar modern atau mal yang dalam penempatan lokasinya tidak memperhatikan keadaan pasar tradisional yang berlokasi di sekitar situ,” ujarnya.
Oleh karena itu, IKAPPI menghimbau kepada pihak PD Pasar Jaya untuk lebih memperhatikan pedagang pasar tradisional. Selain itu, pedagang pasar tradisional juga dimintanya untuk berani mengkritisi PD Pasar Jaya untuk segera memperbaiki sistem kelola mereka.

()