Jakarta, Aktual.co — Anggota Fraksi PDIP Effendi Simbolon menuding bahwa fraksi partai politik yang tergabung dalam Komisi Merah Putih (KMP) haus kekuasaan. Ia menyebut KMP seperti kartel atau kelompok organisasi besar.
Menurutnya, atas dasar itu, KIH yang terdiri lima fraksi di DPR mengeluarkan mosi tidak percaya terhadap pemimpin DPR.
‪”Kita lima fraksi sudah keluarkan mosi tidak percaya, jadi mohon maaf teman-teman yang di sana (KMP) karena sikap di sana sudah seperti kartel,” kata Effendy, Politikus PDIP yang ditunjuk menjadi Wakil Ketua sementara DPR versi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dalam diskusi Polemik bertajuk Politik Ribut DPR di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (1/11).
Dikatakannya, mereka (KMP) sudah melabrak kepatutan yang ada dan mereka seperti orang yang haus kekuasaan. DPR di bawah pemimpin dari KMP tidak bisa mengedepankan sebuah keputusan dan kemufakatan.
Effendi mengatakan, surat berisi pernyataan sikap mosi tidak percaya terhadap pemimpin DPR ini sudah disepakati sebanyak 178 dari 247 orang anggota fraksi. Berdasarkan surat tersebut, kata Effendi, KIH segera memilih ketua dan wakil ketua DPR dan selanjutnya pemimpin alat kelengkapan Dewan.
“Senin (3 Oktober 2014) kami akan tetapkan pemimpin baru. Dalam rapat juga sudah ditetapkan nama-nama anggota fraksi dari lima fraksi tersebut. Kami masih menunggu nama dari lima fraksi lainnya,” katanya.

()