Jakarta, Aktual.com – Pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II akan digelar pada 19 September. Pemakaman akan digelar pukul 10.00 GMT atau pukul 17.00 WIB.

Hal itu disampaikan pihak panitia beberapa hari lalu, dikutip Reuters, Senin (12/9). Nantinya, peti jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa dari Istana Balmoral ke Edinburgh sebelum diterbangkan ke London pada Selasa (13/9).

Peti tersebut juga akan diperlihatkan bagi publik di Westminster Hall mulai Rabu (14/9) pagi waktu setempat. Juga hingga saat upacara pemakaman mulai dilaksanakan.

Upacara tersebut akan berlangsung di Westminster Abbey di London. “Kami akan menjalankan tugas dalam beberapa hari ke depan dengan sangat berat hati,” kata Earl Marshal, Edward Fitzalan-Howard, Duke of Norfolk..

“Namun juga dengan tekad yang paling kuat untuk memastikan perpisahan yang sesuai. Terutama bagi salah satu tokoh yang menentukan zaman kita,” imbuhnya.

Jasad ratu saat ini terbaring di peti kayu ek yang ditutup dengan standar kerajaan Skotlandia. Serta dengan karangan bunga yang diletakkan di atasnya di aula Istana Balmoral.

“Ini adalah sebuah suasana penghormatan yang menenangkan,” ucap salah satu pejabat senior istana.

(Andy Abdul Hamid)