Baturaja, aktual.com – Pemerintah Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memberikan beasiswa tambahan bagi puluhan siswa warga desa setempat yang masuk dalam kategori Rumah Tangga Miskin (RTM).

“Beasiswa pendidikan ini kami berikan untuk membantu biaya sekolah bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) warga Desa Belatung yang masuk dalam kategori RTM atau kurang mampu,” kata Kepala Desa Belatung, Ogan Komering Ulu (OKU), Polando di Baturaja, Selasa (3/12).

Dia mengemukakan, jumlah pelajar SD yang menerima bantuan beasiswa pendidikan ini yaitu sebanyak 30 orang dengan besaran dana yang diterima sebesar Rp300.000/siswa selama satu tahun anggaran.

“Untuk tahun ini baru 30 orang siswa yang mendapat bantuan beasiswa tersebut karena disesuaikan dengan anggaran yang ada,” katanya.

Dia menjelaskan, dana beasiswa ini dianggarkan pihaknya melalui APBN tahun anggaran 2019 yaitu menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) setempat.

Menurut dia, bantuan ini ditujukan khusus untuk pelajar warga Desa Belatung yang masuk kategori RTM atau tidak terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) sehingga dibantu biaya pendidikan tersebut.

“Semoga beasiswa yang kami berikan ini dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan di Kabupaten OKU,” harapnya.

Selain beasiswa, kata dia, Pemerintah Desa Belatung juga akan lebih memperhatikan usaha-usaha kecil rumahan melalui usaha ekonomi kreatif yang dapat memberikan nilai tambah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi, selain membangun infrastruktur program kerja kami juga ke depannya akan berupaya memberikan peningkatan penghasilan dan kesejahteraan melalui usaha ekonomi kreatif yang dibantu dengan pengembangan Bumdes,” ujarnya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)