Gresik, Jatim, Aktual.com – Pemerintah desa di Kabupaten Gresik, Jatim membangkitkan ekonomi di daerah setempat dengan menggelar bazar desa selama Ramadhan, tujuannya untuk mengembalikan ekonomi desa pascapandemi.

Kepala Desa Doudo, Kecamatan Panceng, Gresik, Sutomo di Gresik, Senin (4/4) mengatakan, upaya menggelar bazar Ramadhan adalah untuk kembali membangkitkan kunjungan wisata ke desa itu.

Ia mengatakan, Desa Doudo, Kecamatan Panceng merupakan lokasi wisata edukasi pertanian seluas 6, 8 Hekatare, dan di dalamnya ada area Greenhouse, lahan pertanian serta telaga yang masih asri dan alami.

Selama pandemi,  lokasi wisata itu ditutup, sehingga ekonomi warga tidak bergerak, akibatnya sebagian masyarakat lupa jika di desa itu juga terdapat lokasi wisata.

“Saat ini bersamaan Ramadhan kami ingin kembali membangkitkan ekonomi desa, dan didukung “Komunitas Panceng Kita” menggelar bazar,” katanya.

Dalam bazar itu, sejumlah jajanan tradisional sampai modern dijajakan warga, dan akan berlangsung selama 30 hari bulan Ramadhan, dengan total 22 stan yang ikut meramaikan.

Ia berharap, kegiatan bazar mendorong masyarakat untuk datang ke desa, sekaligus strategi pengenalan Wisata Telaga Rena.

Ketua Komunitas Panceng Kita, Didik Sihabul Milah mengatakan, bazar yang digelar merupakan upaya membangkitkan ekonomi pascapandemi.

“Di dalam area bazar, kami juga memberikan subsidi pembelian minyak goreng kepada pengunjung. Kami jual murah, dari harga yang kami beli Rp24 ribu, menjadi Rp18 ribu per liter,” katanya.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)