Jawa Timur, aktual.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa pemerintah fokus melakukan upaya pemulihan lingkungan dan memasukkan pemulihan lahan sebagai prioritas dalam agenda nasional.

“Bahwa salah satu masalah yang cukup berat dan harus diselesaikan adalah masalah pemulihan lingkungan. Pemulihan ini menjadi prioritas nasional,” kata Siti di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (5/12).

Siti menjelaskan bahwa kondisi lingkungan mengalami degradasi antara lain akibat penebangan pohon hutan dan kegiatan penambangan.

Pemerintah, menurut dia, menyiapkan pola pemulihan lingkungan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, bibit pohon yang kita bagikan, sudah dikombinasi dengan Multi Purpose Trees Species. Jadi, pohon-pohon yang bisa memberikan penghasilan lain kepada masyarakat,” ujar Siti.

Salah satu langkah yang disiapkan pemerintah untuk pemulihan lingkungan adalah Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) 2019 yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama masyarakat.

Gerakan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan yang mengalami degradasi guna menyelamatkan sumber air dan produktivitas lahan, mengekang perubahan iklim, dan mencegah bencana hidrometeorologi. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)