Kepolisian Myanmar menyerbu uslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan perkembangan terkini krisis kemanusiaan Myanmar. Kepada awak media, ia memaparkan kinerja Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam upaya penyelesaian pembantaian yang menimpa etnis Rohingya di Provinsi Rakhine, Myanmar.

Berdasar laporan dari Menlu, Pratikno menyebut bantuan yang ditawarkan Indonesia mendapat respon positif dari negara-negara yang terkait dengan krisis ini.

“Intinya Bu Menlu sudah lapor bahwa pemerintah Bangladesh senang mendapatkan bantuan,” ungkap Pratikno di Jakarta, Jum’at (8/9).

Karenanya, ia menambahkan jika pemerintah akan segera menindak langsung sambutan baik Bangladesh dengan tindakan nyata dalam waktu dekat ini. Hal ini disebutnya harus segera dilakukan karena ratusan ribu orang beretnis Rohingya yang sedang mengungsi di Bangladesh tidak dapat menunggu bantuan lebih lama lagi.

“Pemerintah akan segera mengirimkan bantuan baik dalam bentuk barang maupun uang kepada pemerintah Bangladesh agar menangani yang ada di perbatasan Bangladesh,” tegasnya.

(Nebby)
1
2