Jakarta, Aktual.co — Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, diharapkan pemerintahan baru bisa melaksanakannya dengan baik. Terutama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI, Ganjar Razuni, Menpora yang baru, harus bisa dengan segera melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk terselenggaranya event olahraga terbesar di Asia itu.

“Nanti kan ada serah-terima jabatan dengan kementerian yang baru. Semua harus dijelaskan secara rinci agar persiapan berjalan dengan lancar,” katanya kepada Aktual.co di Jakarta, Rabu (22/10).

Diungkapkam Ganjar yang juga menjabat sebagai staf khusus Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) ini, pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, jajaran menteri terkait, telah melakukan dua kali rapat koordinasi (rakor), membahas persiapan Asian Games 2018 mendatang.

Dari hasil rakor tersebut, kata Ganjar, berhasil memetakan beberapa permasalahan, termasuk anggaran.

“Masalah anggaran juga sudah kita bahas dalam rakor itu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Korea Selatan sebagai tuan rumah Asian Games ke-17 lalu, memerlukan waktu selama tujuh tahun untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Sedangkan Indonesia, secara hitung-hitungan detail hanya mempunyai waktu selama dua tahun.

Karena pada 2016 nanti, pihak Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan melakukan peninjauan terkait arena-arena yang dibakal dijadikan sebagai tempat pertandingan berbagai cabang olahraga di Asian Games.

()

()