Jember, Aktual.com – Pasca Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, banyak rumah yang terdampak oleh abu erupsi tersebut, sehingga banyak warga yang membutuhkan bantuan.

Atas hal itu, Bupati Jember Hendy Siswanto, memberikan arahan kepada BPBD Jember untuk segera mengirimkan bantuan logistik dan sejumlah personel anggota tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi pengungsian.

Pihak BPBD Jember pun mengirimkan bantuan logistik yang dibawa oleh tiga armada mobil darurat dengan kekuatan 10 personel BPBD.

Adapun rincian bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru antara lain, sembako : 20 paket, family kit : 10 paket, Baby kids : 5 paket, tambahan gizi : 24 paket, handuk : 20 buah serta selimut BNPB : 20 buah. Sedangkan personil yang berangkat yakni Kepala BPBD Jember Sigit Akbari, Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kasi Kontruksi, Firman Arifianto, Abu Ali, Juan Hadi, M. Arfan dan Dimas Tio.

Pengiriman logistik tersebut, dipimpin langsung kepala BPBD Jember, Sigit Akbari, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Penta.

“Kami sudah mengirim bantuan bagi korban di Lumajang, namun tidak semua personil dikerahkan ke Lumajang, karena Jember, juga mengalami bencana banjir. Anggota TRC lainnya, dibantu relawan lainnya saling bagi tugas dan siaga,” kata Kepala BPBD Jember Sigit Akbari.

Dia menambahkan, di Jember saat ini, sedang dilanda banjir Genangan, seperti di kawasan Kecamatan Sumbersari, Tempurejo, dan Mumbulsari.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di laman medsosnya menyampaikan kondisi terkini guguran awan panas pasca erupsi melalui helikopter.

“Saya dan Danlanud Abdurrahman Saleh melihat langsung lokasi bencana dari helikopter dan belum dimungkinkan untuk mendarat di lokasi bencana karena asap panas masih terlihat. Nanti jam 10.00 Pak Danlanud akan kembali membawa helikopter puma yang lebih besar untuk menuju Pronojiwo,” tutupnya.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)