Jakarta, Aktual.co —Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Bayu Megantara menyatakan wisata belanja merupakan kekuatan utama sektor pariwisata di Jakarta Pusat.
“Kekuatan utama sektor pariwisata Jakpus adalah sektor jasa, termasuk di dalamnya wisata belanja karena kita tidak punya potensi lain, misalnya wisata alam,” katanya di Jakarta, Kamis (6/11).
Bayu menyebutkan beberapa lokasi perbelanjaan yang sangat terkenal di Jakpus seperti Tanah Abang dan Thamrin City.
Dengan kualitas barang yang hampir sama dengan harga cukup bersaing serta akses yang lebih mudah, kata dia, kedua destinasi ini dinilai lebih diminati wisatawan dari pada destinasi wisata di kawasan lain.
“Contohnya orang sekarang lebih memilih belanja di Thamrin City karena tempat yang lebih nyaman dan akses parkir lebih mudah dari pada di Mangga Dua,” ujarnya.
Pada awal 2015 Pemkot Jakpus akan mengembangkan dua destinasi wisata belanja lain yaitu kawasan Pasar Baru dan Cikini Gold Center dengan menggandeng biro-biro perjalanan sebagai mitra untuk mempromosikan dan mengarahkan wisatawan ke kedua destinasi ini.
Ia juga mengatakan bahwa Pemkot Jakpus sedang berusaha mengembangkan produk ekonomi kreatif, seperti lukisan pasir karya warga Kecamatan Johar Baru dan abon lele produksi warga Kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.
“Saat ini adalah eranya ekonomi kreatif, pemerintah harus optimis produk-produk eknonomi kreatif ini akan bisa bersaing,” tuturnya.
Bayu juga menegaskan dukungan pemerintah ini akan sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas masyarakat khususnya dalam menghadapi Masyarakat Eknonomi ASEAN 2015.

(Andy Abdul Hamid)