Jakarta, Aktual.com – DKI Jakarta mengirimkan 65 orang yang tergabung dalam unit Satuan Tugas (Satgas) Terpadu untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke wilayah yang terdampak asap, salah satunya Provinsi Riau.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, 65 orang Satgas Karhutla yang dilepas berangkatkan Selasa ini, merupakan wujud kepedulian masyarakat Jakarta atas musibah kebakaran di Sumatera maupun di Kalimantan, sehingga dia meminta hal tersebut dipandang sebagai bentuk pengabdian.

“Saya tegaskan bahwa berangkat ke sana jangan dipandang sebagai pengorbanan agar tidak ada beban, karena itu terima tanggung jawab ini sebagai kehormatan dan pengabdian menjadi perwakilan warga Jakarta untuk memadamkan api dan menyelamatkan anak orang tua dari asap,” kata Anies saat apel bersama tim di Jakarta, Selasa (17/9).

Anies berpesan kepada tim yang nantinya bertugas selama 10 hari agar sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya membantu penanggulangan Karhutla.

“Sampaikan kepada semua bahwa masyarakat Jakarta peduli dan ikut turun tangan dalam penanggulangan karhutla, pastikan mereka menyambut anda dengan tangan terbuka karena anda datang dengan sepenuh hati,” ucap Anies.

Anies berharap kabut asap yang mengganggu daerah terdampak dan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit bisa segera terselesaikan.

(Abdul Hamid)