Jakarta, Aktual.co — Pencipta “Super Mario Bros” Shigeru Miyamoto, yang dikenal karena telah menghasilkan beberapa permainan video hit terbesar di dunia selama tiga dekade terakhir, sekarang menambahkan profesi produser film dalam daftar panjang pekerjaannya.
Pada Festival Film International di Tokyo akhir pekan lalu, Miyamoto meluncurkan proyek terbarunya, “Film Pendek PIKMIN”, yakni sebuah film singkat animasi 3D yang dibuat berdasarkan karakter-karakter dengan nama yang sama dalam permainan Nintendo.
Ia mengaku selama bertahun-tahun telah menolak keras permintaan untuk membuat film dengan karakter Nintendo, namun ia melunak untuk kemungkinan memberikan kemajuan teknologi bagi pembuatan film, meskipun ia tidak benar-benar berniat untuk beralih dari bisnis “game” ke bisnis film.
“Saya belum beralih (bisnis). Namun, karena teknologi komputer grafis telah semakin berkembang, saya mulai merasa bahwa itu adalah sesuatu yang saya bisa ikut terlibat,” kata Miyamoto dalam wawancara dengan Reuters.
“Pembuatan film di masa lalu adalah sesuatu yang dilakukan dengan keterampilan yang sama sekali berbeda (dengan pembuatan video game), tetapi sekarang saya merasa keduanya agak mirip,” ujar Direktur Pelaksana Senior Nintendo itu.
Seri permainan Nintendo “Pikmin”, yang diluncurkan pada 2001, menampilkan astronot Kapten Olimar dan Pikmin, yaitu makhluk warna-warni berwujud seperti tanaman, saat mereka berjuang mengumpulkan barang-barang sambil menghindari rintangan dan melawan monster.
Permainan itu sekarang sudah memasuki edisi ketiga dalam daftar permainan Nintendo Wii U yang menghibur.
“Film Pendek PIKMIN” adalah kumpulan film berdurasi 23 menit yang terdiri dari cerita “The Night Juicer”, “Treasures in a Bottle”, dan “Occupational Hazards”.
Miyamoto menggambarkan film itu sebagai proyek yang bertujuan memperluas dunia “video game” dan memberikan aspek kehidupan yang lebih untuk karakter Pikmin. Namun, rencana distribusi film ini di bioskop belum ditentukan.
“Daripada menjadikan film ini sebagai film untuk dimasukkan ke dalam bioskop, saya membuatnya lebih sebagai film yang menyajikan rekaman yang diperlukan dalam permainan,” ucap dia.
“Jadi, itulah sebabnya film Pikmin dibuat hanya sepanjang ini. Saya berpikir tentang cara untuk mengumumkannya, dan kemudian ada festival film ini, jadi saya beruntung,” lanjutnya.
Miyamoto mengatakan saat ini belum ada rencana untuk film selanjutnya yang menggunakan karakter Pikmin atau karakter lain dari Nintendo, tetapi ia membuka kesempatan untuk hal itu. Ia mengatakan bahwa “secara teknis, ada berbagai hal yang bisa dilakukan”.
Namun, dunia “video game” tetap menjadi cinta sejatinya, dan setelah 30 tahun terlibat dalam pembuatan film-film blockbuster, seperti “Donkey Kong”, “The Legend of Zelda” dan “Star Fox”, Miyamoto tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.
“Setiap harinya masih menyenangkan,” katanya dengan senyum lebar, menyampaikan dia sedang bekerja dalam berbagai proyek untuk Wii U dengan beberapa produk yang akan keluar tahun depan.
“Dan dalam tahun-tahun mendatang, akan ada hal yang lebih interaktif dalam kehidupan kami sehari-hari. Dan saya ingin terlibat dalam setiap aspek itu. Saya tidak tahu apakah akan membuat Mario, tetapi dalam 10 atau 20 tahun ke depan saya pikir saya masih akan melakukan sesuatu,” ucap Miyamoto.

()