Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Cibinong, aktual.com – Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 2020 diperkirakan sebagai daerah dengan penduduk terbanyak di Indonesia dengan perkiraan jumlah penduduk menembus angka enam juta jiwa.

“Kita perkirakan 2020 penduduk Kabupaten Bogor akan tembus enam juta jiwa,” ujar Kasi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani kepada ANTARA di Cibinong, Bogor, Senin [17/2].

Ia menyebutkan, angka terakhir jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada 2019 yaitu sebanyak 5.965.410 jiwa dengan komposisi, lak-laki 3.045.174 jiwa dan perempuan 2.920.236 jiwa.

Jumlah tersebut lebih banyak sekitar dua persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada 2018 yaitu sebanyak 5.840.907 jiwa.

Menurutnya, tren pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor dari tahun ke tahun, ada di kisaran dua persen. Hal itu yang mendasari perkiraan jumlah penduduk di Kabupaten Bogor mencapai angka enam juta jiwa pada 2020.

Menanggapi hal itu, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan bahwa selain memiliki jumlah penduduk yang banyak, Kabupaten Bogor juga memiliki wilayah yang luas. Kondisi tersebut menurutnya membutuhkan strategi percepatan pembangunan yang serius, serta tenaga dan pemikiran yang ekstra.

“Untuk itu, membangun Kabupaten Bogor bukan hanya tugas Pemerintah Kabupaten Bogor semata, namun itu menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata politisi partai berlambang ka’bah itu.

Ia juga meminta perusahaan swasta di Kabupaten Bogor terlibat dalam membangun infrastruktur di Kabupaten Bogor melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) masing-masing.

“Saya berharap adanya kontribusi bersama dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor,” sebutnya.

(Eko Priyanto)