Mataram, Aktual.com – Para peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram telah menemukan sebanyak 88 spesies rumput laut di perairan laut Nusa Tenggara Barat setelah melakukan kajian sejak 2005.

“Dari hasil penelitian keanekaragaman rumput laut cukup banyak mencapai 88 spesies. Semuanya di perairan laut NTB,” kata Guru Besar Universitas Mataram (Unram) Prof Sunarpi, di Mataram, Minggu (18/2).

Ia mengatakan penelitian yang sudah dilakukan selama hampir 14 tahun tersebut diharapkan akan menghasilkan teknologi untuk peningkatan produksi rumput laut. Apalagi, rumput laut adalah salah satu program ungulan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTB.

Penelitian yang melibatkan beberapa pakar juga bertujuan untuk mengetahui masalah sosial dan budaya serta pemanfaatan tata ruang perairan laut di NTB, untuk budi daya rumput laut.

“Rumput laut ada yang dibudidayakan dan ada yang hidup di perairan bebas yang tidak ada kepemilikannya. Jadi kami juga meneliti seperti apa kebijakan pemerintah tentang penggunaan ruang perairan untuk komoditas rumput laut,” ujarnya.