Jakarta, Aktual.com — Hakim kasus etika Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) tetap menggelar sidang untuk sesi pembelaan dalam kasus yang melibatkan Michel Platini, Jumat (17/12) waktu setempat, meskipun ketua UEFA asal Prancis itu menyatakan tidak akan datang.

Sidang terhadap Platini dibuka menyusul digelarnya sidang yang sama terhadap ketua FIFA Sepp Blatter selama delapan jam di markas FIFA di Zurich.

Blatter dan Platini, salah satu wakil ketua FIFA, diskors dari jabatannya pada Oktober lalu setelah jaksa Swiss melakukan investigasi terkait bayaran sebesar dua juta dolar AS terhadap Platini pada 2011.

Keduanya kini terancam sanksi lebih lama dalam sidang putusan pada awal pekan depan.

Platini telah mengatakan bahwa keputusan pengadilan sebenarnya sudah dibuat sehingga ia tidak akan hadir. Ia akan diwakili oleh para pengacaranya.

Hakim etik FIFA mengenyampingkan klaim Platini bahwa putusan sudah dibuat, dan menyatakan akan tetap mereview bukti-bukti terkait sebelum membuat keputusan seadil-adilnya.

Blatter dan Platini sama-sama menyatakan tidak bersalah. Jika divonis bersalah, mereka masih bisa mengajukan banding ke komite banding FIFA dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

(Ant)

()