Jakarta, Akual.com – Pengamat politik Voxpol, Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengingatkan Presiden Terpilih Joko Widodo untuk disiplin dalam menentukan jatah kursi di kabinet baru 2019-2024 dalam mengakomodasi tuntutan dari kalangan pendukung.

“Presiden Joko Widodo harus tetap disiplin tempatkan orang. Misalnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengajukan sepuluh nama atau Nasdem 11 nama untuk duduk di jabatan menteri,” kata Pangi.

Pernyataan itu disampaikan Pangi saat menjadi narasumber dalam acara Polemik bertema “Ribut Rebut Kursi Menteri” yang digelar Trijaya Network di D’consulate Resto n Launge, Jakarta Pusat, Sabtu siang.

Pangi menyebut permintaan jatah kursi menteri menjelang terbentuknya kabinet baru pemerintahan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin memenuhi unsur kepatutan sebagai bentuk usulan.

Namun Pangi menegaskan bahwa keputusan untuk mengakomodasi pengajuan nama kader terbaik parpol yang akan membantu pemerintahan Indonesia ke depan, sepenuhnya ada di tangan Joko Widodo.

(Abdul Hamid)