Jakarta, Aktual.co — Simpang siurnya nama-nama menteri dalam kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla, membuat bingun masyarakat. Terutama masyarakat dari kalangan olahraga, terkait siapa yang akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Dikatakan mantan atlet angkat besi Indonesia, Dirja Wihardja, sosok Menpora yang akan menggantikan Roy Suryo, harus seperti Menpora sebelumnya, Adiyaksa Dault.

Menurutnya, Adiyaksa, bisa memperhatikan kebutuhan para atlet.

“Zaman pak Adhiyaksa, bonus atlet bisa turun dengan cepat. Dua hari setelah pulang kejuaraan, biasanya sudah turun. Itu bagus untuk menjaga mental atlet,” ungkap Dirja kepada Aktual.co di Jakarta, Selasa (21/10).

Lebih lanjut dikatakan Dirja, pada saat itu jarang sekali ada cabang olahraga yang mengeluh, baik masalah peralatan maupun bonus atlet.

Menurut Dirja, hal tersebut dapat terjadi lagi jika Menporanya memiliki perhatian kepada atletnya.

Namun sayang, kata Dirja, pasca Adiyaksa lengser sebagai Menpora, penggantinya, Andy Mallaranggeng dan Roy Suryo, tidak mampu mengikuti kebijakan yang telah dipraktekkan oleh Adiyaksa.

“Dua era kepemimpinan setelah pak Adhiyaksa, adalah kepemimpinan yang gagal. Banyak permasalahan yang timbul dan tidak selesai. Mas bisa analisa prestasi olahraga kita saat era Adhiyaksa dan era setelahnya, jauh menurun prestasi kita,” tambahnya.

Selain itu, Dirja mengatakan, meskipun bukan berangkat dari seorang olahragawan, Adhiyaksa mempunyai kemauan dan kesungguhan untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Dan pola pikir seperti itu yang menurut Dirja, tidak dimiliki oleh Menpora setelahnya.

Dirja pun juga menambahkan, jika Adhiyaksa juga mempunyai kemampuan untuk menahkodai lembaga nasional yang berurusan dengan olahraga. Satu contoh dikatakan oleh Dirja, bahwa saat Adhiyaksa memimpin tidak ada permasalahan internal yang sampai mencuat ke permukaan.

“Itulah manfaat punya Menpora yang memiliki jiwa pemimpin. Permasalahan internal bukan untuk ditutupi atau dipublikasikan, tapi diselesaikan,” kata Dirja.

Selain itu, diungkapkan Dirja, satu hal positif yang harus dicontoh oleh Menpora nanti, adalah ketika Adhiyaksa tidak segan-segan untuk melihat para atletnya latihan dari awal sampai akhir.

“Dia (Adhiyaksa) selalu bisa menyempatkan waktu untuk melihat atletnya latihan. Itu satu hal yang juga bisa meningkatkan motivasi atlet,” pungkasnya.

()

()