aktivitas-ekspor-impor-ilustrasi-
aktivitas-ekspor-impor-ilustrasi-

Semarang, Aktual.com – Gubernur Ganjar Pranowo berkomitmen untuk mendampingi para pengusaha agar menjadi penyokong eskpor produk-produk pertanian di Indonesia.

Pasalnya, Jateng menjadi salah satu daerah penyokong eskpor produk-produk pertanian di Indonesia. Selama 2021, total ekspor pertanian Jateng ke berbagai negara mencapai Rp11,10 triliun.

Jumlah itu diketahui lebih besar dibanding dua tahun sebelumnya. Pada 2019, nilai ekspor hanyaRp8,48 triliun, dan 2020 naik menjadi Rp9,13 triliun.

“Kita dampingi terus dan kita dorong agar ekspor kita terus meningkat,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima, Ahad (2/1).

Ganjar menuturkan ekspor merupakan salah satu kunci untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu, kami akan terus membantu dan mendampingi semua pihak, agar program ekspor Jateng bisa terus ditingkatkan setiap tahunnya,” tambahnya.

Dalam sebuah dialog dengan sejumlah eksportir asal Jawa Tengah, Ganjar mengaku menerima informasi terkiat persoalan di lapanga, misalnya sulitnya kontainer dan kapal untuk mengangkut barang.

“Memang ada beberapa problem di eksportir soal kontainer dan kapal. Tentu akan kita bantu. Namun ada juga yang mengeluhkan kekurangan tenaga kerja, ini yang menarik,” jelasnya.

(Wisnu)