Gunung Kidul, Aktual.com Musik dangdut menjadi salah satu genre khas Indonesia yang paling populer di berbagai daerah nusantara.

Kini Sahabat Ganjar mengangkat kekayaan musik dangdut daerah dengan mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pentas Dangdut SAGA”.

Kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (11/22).

Sahabat Ganjar berkolaborasi dengan Komunitas Joget Koplo atau PASUWO, kegiatan ini berhasil menarik atensi ratusan anak muda dan warga sekitar untuk meramaikan acara ini.

Dangdut bukan lagi menjadi sebuah genre musik belaka, melainkan dangdut sudah menjadi identitas budaya dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Adi salah satu anggota dari Komunitas Joget Koplo, menyampaikan bagaimana kegiatan Sahabat Ganjar dalam mengangkat musik dangdut daerah begitu penting dan ditunggu-tunggu warga.

“Melalui Kegiatan Sahabat Ganjar, semoga musik dangdut bukan hanya dianggap musiknya orang pinggiran, tetapi dengan acara musik dangdut mampu memberikan warna dan keragaman musik di Indonesia,” ujar Adi, Minggu (11/12).

Ganjar Pranowo merupakan figur yang menyukai dan memperhatikan perkembangan industri musik dangdut, salah satunya adalah dorongan Ganjar agar terciptanya lagu dangdut ramah untuk anak-anak.

Mengambil semangat tersebut, Sahabat Ganjar mengajak anak muda sekitar untuk terjun dan aktif dalam mempromosikan musik dangdut.

Ketua DPW Daerah Istimewa Yogyakarta Budi Mamo, menggambarkan bagaimana dukungan untuk Ganjar Pranowo terus mengalir. Budi melihat Ganjar memiliki karakter kepemimpinan yang unik dan dekat dengan masyarakat.

“Bapak Ganjar Pranowo dekat dengan masyarakat, humoris dan memiliki gaya kepemimpinan yang unik. Pribadi yang humoris cenderung disukai banyak kalangan, tak menutup kemungkinan kalangan anak muda” ujar Budi Mamo.

Selain deklarasi dukungan di gunungkidul, relawan Sahabat Ganjar juga menggelar lomba karikatur yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Cilegon, Minggu (11/12).

Koordinator Kegiatan Lomba Karikatur Ganjar Pranowo, Imelda memberikan sedikit penjelasan terkait seni karikatur tersebut.

“Karikatur ini adalah seni lukis yang memiliki pesan tersirat didalamnya yang dikemas dengan sangat sederhana. Pengemasannya ini dibuat sangat unik serta menarik. Biasanya terdapat pada halaman depan bagian majalah atau koran,” ungkap Imelda.

Melda sapaanya mengungkapkan, Lomba Karikatur ini bisa dijadikan penyampaian dukungan untuk Ganjar Pranowo menuju pilpres 2024 mendatang.

“Ya kita bisa gambarkan sosok Pak Ganjar sesuai dengan karakternya yang dekat dengan masyarakat dan mendukung anak muda,” pungkasnya.

(Wisnu)