Jakarta, Aktual.co — Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta mengakomodir keterwakilan daerah dalam penyusunan kabinetnya. Keterwakilan putra terbaik daerah ini dinilai sangat penting karena secara langsung menggambarkan kepentingan wilayah.
“Keterwakilan wilayah sangat penting untuk pertimbangan geo politik, historis dan sosiologis. Indonesia sangat luas, sehingga representasi wilayah harus diakomodir,” terang Koordinator Pusat Forum Peduli Borneo Gusti Nurpansyah, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/10).
Menurutnya, penyusunan kabinet yang disampaikan komposisinya berasal dari profesional murni dan partai politik. Akan tetapi tidak memasukkan kepentingan daerah, padahal dalam beberapa kali penyusunan kabinet keterwakilan daerah ini selalu masuk. 
Gusti menyebut salah satu wilayah yang layak mendapat posisi menteri adalah Kalimantan Selatan. Alasannya, potensi sumber daya manusia di Kalsel cukup besar dan banyak putra Kalsel yang mumpuni menjadi menteri. 
“Putra daerah yang mumpuni di Kalsel cukup banyak, jadi tinggal dipilih,” jelasnya. 
Ketua Kerukunan Warga Kalimantan Selatan Yakob menambahkan, keinginan masyarakat Kalsel agar putra daerahnya terpilih jadi menteri sangat besar. Bahkan mereka telah mengirim surat ke presiden agar diakomodir.
“Kami menuntut agar Presiden Jokowi menempatkan wakil dari Kalsel dalam kabinet. Saya khawatir, kalau tak ada keterwakilan di kabinet dan kemudian ada gejolak di Kalimantan hal itu bisa menjadi sulit dikendalikan,” kata dia.

()