Skuat Timnas Jerman U-17 (kaos hitam) melawan Timnas Argentina U-17 (kaos biru putih) di semifinal Piala Dunia U-17 2023, Selasa (28/11/2023)

Jakarta, Aktual.com – Technical Study Group (TSG) FIFA menyoroti signifikansi Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sebagai landasan vital untuk perkembangan pemain muda.

Dalam pernyataan resmi FIFA, Jumat (1/12), TSG, yang terdiri dari empat ahli teknis, menganggap turnamen ini sebagai fondasi penting bagi pemain muda untuk mengasah potensi mereka dan mencapai puncak karir sepak bola.

“Piala Dunia FIFA U-17 merupakan turnamen yang sangat penting, karena menjadi dasar bagi para pemain untuk mencapai level top,” kata Pape Thiaw, salah satu anggota TSG.

“Turnamen ini membiasakan para pemain muda untuk berkompetisi, merasakan atmosfer turnamen besar, dan tumbuh melalui pengalaman bermain melawan berbagai tim. Ini memungkinkan mereka tumbuh lebih cepat,” imbuhnya.

FIFA membentuk TSG untuk menganalisis tren teknis, taktik, dan fisik pemain, menentukan pemain terbaik di setiap pertandingan, serta memilih pemenang penghargaan pemain terbaik.

“Pada level U-17, para pemain dipersiapkan untuk pengembangan permainan sepak bola dan melatih berbagai aspek. Melalui Piala Dunia FIFA U-17, kami menambahkan sisi kompetitif dalam pengembangan tersebut, memungkinkan mereka menunjukkan bakatnya meskipun masih muda,” tambah Thiaw.

Piala Dunia U-17 juga membawa pemain keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan baru seperti perjalanan, akomodasi, kebudayaan, zona waktu yang berbeda, dan atmosfer penonton yang berbeda.

“Anak-anak ini adalah pemain U-17. Kebanyakan dari mereka bahkan belum pernah ke luar negeri untuk bermain sepak bola sebelumnya, sehingga menjalani pertandingan internasional melawan tim nasional lainnya memberikan pengalaman yang unik dan berharga bagi para pemain ini. Hal ini tidak dapat dibandingkan dengan turnamen lain mana pun,” ungkap Julio Gonzalez.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan