Commuter Line

Jakarta, Aktual.Com-Per 1 April lusa, PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) berencana akan mengubah sejumlah rute KRL Bekasi-Jakarta Kota yang biasanya melintasi Stasiun Manggarai kini berubah menjadi lewat Stasiun Pasar Senen.

Seperti diungkapkan oleh Direktur PT KCJ, MN Fadhila di Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Lebih lanjut Fadhila mengatakan, ada delapan perjalanan KRL Bekasi-Jakarta Kota yang akan melewati Stasiun Pasar Senen.

“Jadi tidak benar jika semua rangkaian Bekasi-Jakarta Kota tidak lewat Manggarai. Kami hanya mengubah delapan perjalanan pulang pergi melalui Stasiun Pasar Senen menuju Kampung Bandan hingga Jakarta Kota,” jelas Fadhila.

Per 1 April, kata dia KRL lintas Bekasi akan dilayani 154 perjalanan KRL. Tetapi hanya delapan dari 154 perjalanan tersebut yang melalui jalur Pasar Senen. Jumlah rangkaian kereta yang melayani lintas Bekasi tetap 13 rangkaian, dengan formasi 12 kereta, 10 kereta dan 8 kereta.

Sebelumnya delapan perjalananan di rute tersebut kata Fadhila melintasi Stasiun Jatinegara, Manggarai hingga Jakarta Kota. Dengan perubahan rute, kedelapan perjalanan tersebut akan melewati jalur Stasiun Jatinegara, Pondok Jati, Pasar Senen, Kampung Bandan hingga Jakarta Kota.

Dengan perubahan rute tersebut dirinya berharap bisa mengurangi kepadatan antrean di Stasiun Manggarai. Pasalnya, saat ini dari 886 perjalanan KRL, 71 persen diantaranya melewati Stasiun Manggarai.

“Ini alternatif untuk masyarakat, ada yang butuh ke Cikini, Gondangdia, dan ada juga yang dari Bekasi ini menuju Rajawali Kemayoran akan sangat efektif,” tukas Fadhila.

(Bawaan Situs)