Istimewa

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, keberagaman merupakan salah satu kekuatan yang luar biasa. Bangsa yang beragam merupakan bangsa yang maju dan memiliki peradaban dengan usia yang panjang. Keberagaman dapat memajukan peradaban manusia.

Hal ini ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri acara Perayaan Natal Bersama di Kementerian Perdagangan yang digelar hari ini, Jumat (6/1) di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta. Turut hadir pada acara ini, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

“Keberagaman merupakan ciptaan Tuhan oleh karena itu kita harus saling menyayangi, mencintai dalam satu kebhinnekaan. Satu dalam keragaman untuk memajukan peradaban kemanusiaan,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Tuhan menciptakan manusia berbangsa-bangsa, bersukusuku, beranekaragam agar saling mengenal satu sama lain.

“Keberagaman ini satu keniscayaan. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk saling mengenal, mencintai, menyayangi, dan menghormati dalam keberagaman, damai dalam keberagaman, kasih dalam keberagaman. Inilah yang menjadi pegangan dan keyakinan kita. Keberagaman saling menghormati, baik budaya dan agama, satu dalam kebinekaan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, keberagaman itu indah. Keberagaman juga membawa kebaikan dan kemajuan, serta menjadikan peradaban Indonesia menjadi lebih baik.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat natal dan tahun baru, penuh suka cita, penuh kedamaian, dan penuh harapan. Saya berharap kita semua menjadi model pemersatu untuk Indonesia yang lebih maju dan jaya,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Senada dengan Mendag Zulkifli Hasan, Wamendag Jerry juga menggarisbawahi soal inklusif. “Semangat inklusif dan keberagaman harus dipegang karena ini merupakan aset. Ini harus kita resapi, implementasikan, dan jalani. Kita harus solid,” pungkasnya.

(Tino Oktaviano)