Jakarta, Aktual.co — Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan pihaknya sudah menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai penetapan uang ganti rugi atau uang kerohiman kepada warga yang terkena program penataan kota.
Saefullah mengatakan, Pergub tersebut tinggal menunggu surat dari Kejaksaan Agung dan kemudian ditandatangani oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Ahok.
“Pergubnya udah siap. Kita lagi tunggu surat dari Kejagung kalau sudah keluar tinggal tanda tangan Gubernur,” ujar Saefullah di Balai Kota, Jumat (7/11).
Ia mengatakan nanti akan menetapkan ganti rugi sebesar 25 persen sesuai dengan NJOP daerah tersebut.
“Ganti ruginya 25 persen sesuai NJOP daerah tersebut. Karena kan masing-masing daerah NJOP-nya beda-beda,” ujarnya.
Sebagai informasi, dalam hal relokasi warga yang terkena dampak program penataan kota oleh Pemprov DKI, kerap terjadi permasalahan terutama soal ganti rugi. Oleh karena itu, Pemprov DKI memilih untuk membuat suatu Pergub yang mengatur tentang itu. 
Pemprov DKI pun meminta dampingan dari Kejagung dalam perumusan Pergub tersebut. Dengan pendampingan itu diharapkan aturan yang dibuat tepat sasaran dan Kejagung bisa membantu Pemprov DKI untuk memperkuat payung hukum, dalam penyelesaian masalah-masalah pemerintah Jakarta.

(Andy Abdul Hamid)