Jakarta, Aktual.com – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendalaman terkait draft rancangan Undang-Undang tentang Pemilu dari pemerintah.

Termasuk, soal adanya usulan isu strategis mengenai proporsional pelaksanaan pemilihan legislatif dengan sistem terbuka terbatas.

“Pemilu masih kita dalami, karena pemilu sangat serius untuk hasilkan orang-orang yang duduk di parlemen, maka UU nantinya harus dikaji serius dan mendalam, terutama persoalan krusial,” kata Jazuli di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (26/10).

“Misalnya terbuka tertutup, pemerintah kan terbuka terbatas, sama saja dengan tertutup,” tambah dia.

Dalam.pendalaman itu, sambung Jazuli, bagaimana fraksi memperkokoh proses demokratisasi yang lebih matang, meskipun peyederhanaan sistem diperlukan tetapi tidak mengabaikan hak rakyat.

“Presiden pernah bilang dukung sistem proporsional tertutup, tapi kita di fraksi lakukan, kita mengokohkan proses demokratisasi lebih matang. Penyederhanaan perlu tapi jangan memasung hak rakyat, misalnya PT (parliamentary threshold) ada yang minta dinaikkan, PKS setuju tapi harus gradual, jangan memasung hak demoktasi rakyat,” ujar anggota komisi I DPR RI itu.

“Misalnya 4%, jangan partai lama ini mau cut partai-partai baru. Biarkanlah penyederhanaan partai berlangsung alami, kan kalau rakyat ga suka akan gulung tikar sendiri,” tutupnya.

 

*Novrizal

()