Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan. Foto: Aktual
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan. Foto: Aktual

Bandung, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengunjungi Pusdiklat Kopassus TNI-AD di Batujajar, Bandung, pada Kamis (28/7/2022). Kunjungan ini sebagai aksi nyata dari kementrian pertanian bekerjasama dengan Kopassus untuk membangun sinergi dalam menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan demi terjaganya ketahanan negara.

Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan bahwa satuannya memiliki total luas lahan 410,69 Ha. Dimana, lahan yang sudah tergarap baru seluas 54,77 Ha terdiri atas padi, jagung dan Holtikultura.

“Kami masih ada sisa lahan tidur seluas 355,92 Ha yang masih dalam proses penyiapan untuk ditanami. Ini merupakan realisasi nyata dalam menjalankan program Bapak Presiden RI dalam meningkatkan kedaulatan pangan dengan menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian,” katanya.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan saat meninjau Lahan Ketahanan Pangan di Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung, Kamis (28/7). Foto: Aktu
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan saat meninjau Lahan Ketahanan Pangan di Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung, Kamis (28/7). Foto: Aktual

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan bahwa dengan terwujudnya kerjasama ini akan memberikan wujud nyata dalam meningkatkan hasil pertanian di seluruh Indonesia.

Selain itu juga diharpkan dapat melahirkan petani-petani milenial yang dapat mendongkrak hasil pertanian.

“Kementerian pertanian dan TNI terus bersinergi untuk membangun pangan Indonesia yang lebih baik lagi. Karena 270 juta masyarakat Indonesia kebutuhan pangannya harus terpenuhi. Jika itu belum terpenuhi, tentu tidak akan bisa maksimal mewujudkan cita-cita bangsa,” ujarnya.

Pada kunjungan kerja kali ini Wamentan Harvick bersama Danjen Kopassus turut meninjau lahan ketahanan pangan di Kawah Candradimuka pasukan elit TNI-AD itu sekaligus menyerahkan beberapa bantuan, diantaranya alat mesin pertanian (alsintan), Bibit Jagung, Bibit Padi, dan Pupuk.

Turut hadir juga Direktur Buah dan Flirikuktura Ditjen Hortikultura, Liferdi Lukman, Subkoor Jagung dan Serelia Ditjen Tanaman Pangan, Arnen Sri Gemala, Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Barat, Rustan Massinai, serta Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang, Yuni Setyaningrum.

(A. Hilmi)