Jakarta, aktual.com – PermataBank melalui PermataHati kembali meluncurkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) sebagai bagian dari rangkaian inisiatif PermataBankirCilik. Dalam buku ke-empat yang diluncurkan PermataHati ini, terpilih lima cerita yang terangkum dalam sebuah kumpulan cerpen berjudul “Sahabat Permata Gemar Berbagi: 5 Kisah Inspiratif Penuh Kebaikan”.

Dikurasi dari hasil karya 150 siswa SD dan SDLB Duta Menabung peserta PermataBankir Cilik 2021 dari Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Yogyakarta, cerpen ini bertujuan untuk mengedukasi literasi keuangan melalui kacamata murid peserta PermataBankir Cilik.

Peluncuran serangkaian buku literasi keuangan untuk anak merupakan hasil kerja sama PermataHati yang telah berlangsung sejak 2019 dengan mitra strategis PermataHati, PiBo. Sebagai pelopor perpustakaan digital, PiBo menyediakan akses Modul Finansial interaktif dalam bentuk buku digital bergambar yang dapat diakses secara luas dan gratis melalui web resminya.

PermataBankir Cilik merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) PermataBank, PermataHati, yang bertujuan memberikan edukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya sehingga menginspirasi generasi muda untuk menjadi Duta Menabung. Program ini juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Sebagai hasil dari kegiatan yang berlangsung selama tiga bulan, para Duta Menabung diminta untuk membuat karya cerita pendek tentang konsep 3-in (Tabung-in, Jajan-in, Bagi-in).

Richele Maramis, Division Head of Corporate Affairs PermataBank mengatakan, dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, pihaknya melihat peluang untuk menyebarkan literasi keuangan melalui media digital yang sudah secara konsisten dilakukan selama empat tahun terakhir.

(Zaenal Arifin)