Jambi, Aktual.com – Harga komoditi karet di Kabupaten Batanghari, Jambi, dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan Rp1.000 per kilogramnya dari Rp7.000/kg menjadi Rp9.000/kg.

“Dalam sepekan terakhir ini harga karet mengalami kenaikan, namun produksinya sedikit menurun karena musim gugur di mana pohon karet tersebut sedang mengalami pergantian daun yang berujung sedikit menurunnya produksi,” kata pengepul getah karet, Otoh, di Muarabulian, Jumat (31/8).

Saat ini harga getah karet dengan kualitas sedang di daerah itu per kilogramnya dihargai Rp8.200/kg namun untuk karet dengan kualitas terbaik mencapai Rp9.000/kg. Kenaikan harga karet tersebut disebabkan produksi getah karet saat ini menurun.

Biasanya dalam sepekan pengepul getah karet di daerah itu bisa mendapatkan getah karet hingga tujuh ton. Namun sejak menurunnya produksi getah karet, untuk mendapatkan tujuh ton getah karet para pengepul harus mengumpulkannya selama tiga minggu.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Batanghari Suparno mengatakan harga karet di daerah itu bergantung pada harga karet luar negeri di mana Kabupaten Batanghari berpatokan pada harga karet di Singapura.

(Bawaan Situs)