Eks kapten timnas Jerman, Philipp Lahm.

Berlin, Aktual.com – Tim Inggris yang relatif minim pengalaman telah memperlihatkan kohesi dan semangat di Piala Dunia dan laju mereka ke semifinal dapat menjadi dasar bagi periode bertabur kesuksesan, kata mantan kapten Jerman Philipp Lahm.

Lahm menyadari kemiripan antara pasukan Gareth Southgate dan tim Jerman yang finis di posisi ketiga secara beruntun di dua Piala Dunia sebelum mereka kemudian menjadi juara di Brazil empat tahun silam.

“Ketika saya melihat ke lapangan itu adalah tim yang bagus, fungsional. Saya yakin mereka memiliki peluang yang bagus karena mereka memiliki tim yang muda dan berbakat,’ kata Lahm yang turut membawa timnya menjuarai Piala Dunia kepada para pewarta.

“Semua orang saling membantu dan inilah yang Anda perlukan untuk dapat bersaing di level tertinggi. Semangat tim yang bagus merupakan hal yang Anda perlukan untuk dapat sukses,” sambungnya.

Southgate memimpin tim asuhannya ke semifinal Piala Dunia pada Juli, di mana mereka kalah 1-2 oleh Kroasia yang jadi runner up. Lahm berkata bahwa para pemain Inggris perlu belajar dari pengalaman mereka dan membangunnya sebagaimana yang dilakukan Jerman.

“Melihat tim kami dari 2006 sampai 2014, itu membantu untuk menulis sejarah bersama-sama… Itu hal yang mendidik, semua orang tahu bagaimana rekan setim bereaksi di masa-masa sulit atau di bawah tekanan. Pengetahuan ini membantu kami bersaing di level tertinggi,” tambah Lahm.

Inggris akan kembali bermain pada pertandingan Nations League melawan Spanyol pada Sabtu. Kemudian akan berhadapan dengan Swiss di markas Leicester City, Stadion King Power, pada pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Selasa.

Ant.

(Teuku Wildan)