Penyerang Arsenal Edward Nketiah (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga 16 besar Piala Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Selasa (26/10/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Matthew Childs)

Jakarta, Aktual.com – Arsenal mulus melewati Leeds United menuju perempat final Piala Liga Inggris seusai meraih kemenangan 2-0 atas tamunya itu dalam laga babak 16 besar di Stadion Emirates, London, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Perjudian Mikel Arteta memberi kesempatan kepada Edward Nketiah memimpin lini depan Arsenal dibayar lunas oleh penyerang berusia 22 tahun itu dengan mencetak gol kedua The Gunners pada menit ke-69.

Berawal dari umpan jauh kiper Bernd Leno yang gagal diantisipasi sempurna oleh barisan pertahanan Leeds, sehingga Nketiah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Illan Meslier.

 

Nketiah lantas menyontek bola di atas kepala Meslier yang keluar dari sarangnya dan si kulit bundar lantas bersarang ke gawang Leeds. Itu menjadi gol ketujuh Nketiah dalam delapan penampilan di Piala Liga.

Sebelumnya, keunggulan Arsenal dibuka oleh Calum Chambers pada menit ke-55 saat pemain belakang itu betul-betul baru masuk menggantikan Ben White yang cedera.

Umpan sepak pojok Emile Smith-Rowe gagal dikendalikan Nketiah, tetapi bola liar bisa dikirim kembali oleh Nicolas Pepe ke area tiang jauh di mana Chamber menanduknya melewati garis gawang.

Leeds berusaha keras untuk mencetak gol balasan, tetapi nyaris tak membuat Leno harus bekerja terlalu berat untuk mengamankan gawang Arsenal dan skor 2-0 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Arsenal untuk dua musim beruntun sukses dibawa Arteta melangkah ke perempat final, demikian catatan laman resmi EFL.

Nketiah dkk baru akan mengetahui lawan mereka di perempat final dalam pengundian yang bakal dilakukan pada Sabtu (30/10) nanti.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)