Sofia, Aktual.com – Mack Rutherford, berhasil melakukan penerbangan keliling dunia secara solo, mendarat pada Rabu (24/8). Ia mendapatkan rekor dunia sebagai pilot termuda usia 17 tahun.

Prestasinya itu diakui Guinness World Records. Dua rekor ditetapkan atas namanya, yaitu tadi sebagai pilot termuda yang mengelilingi dunia dengan pesawat terbang sendirian. Kemudian sebagai orang termuda yang mengelilingi dunia dengan pesawat microlight solo.

Microlight solo adalah pesawat terbang berbobot ringan. Kapasitasnya hanya satu orang, si pilot itu sendiri.

Rutherford lepas landas dari Sofia pada 23 Maret 2022. Kemudian mendarat lagi di ibukota Bulgaria itu pada Rabu kemarin.

Total ia sudah berkelana di 52 wilayah udara suatu negara. Catatan waktu terbangnya sekitar 250 jam.

Bulgaria menjadi titik awal dan akhir perjalanan karena ada pertimbangan tersendiri. Pertimbangannya karena sponsor dari terbang solo ini adalah perusahaan dari Bulgaria, namanya ICDSoft.

“Perjalanan lima bulan benar-benar menakjubkan. Saya sangat senang, ini adalah perjalanan menarik, sangat menarik,” kata Rutherford, seperti dikutip dari Xinhua.

Rutherford adalah penerbang solo berdarah campuran Belgia-Inggris. Lahir pada 21 Juni 2005, jadi usianya 17 tahun selama perjalanan sebagai angkasawan ini.

“Saya sudah ingin terbang sejak usia 11 tahun. Sebelum ini saya sudah ratusan jam terbang bersama ayah,” ujar Rutherford.

“Ayah saya seorang pilot profesional dan banyak membantu saya mencapai level ini. Di usia 15 tahun saya dapat lisensi pilot microlight,” pungkas Rutherford.

(Warto'i)