Manado, Aktual.com – PT PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) mengingatkan masyarakat akan banyaknya penipuan yang terjadi.

“Kami selalu mengingatkan pelanggan, agar kenali dengan baik petugas PLN jika datang ke rumah,” kata GM PLN Suluttenggo Christyono di Manado, Selasa (9/6).

Di kalangan masyarakat, katanya, hal-hal terkait listrik sering diidentikan dengan PLN, baik itu mengenai instalasi listrik pelanggan, tiang dengan jaringan kabel, alat penghemat listrik, dan sebagainya.

Bahkan, katanya, beberapa masyarakat menganggap petugas yang datang menangani listrik dianggap sebagai petugas PLN tanpa melihat atribut/surat tugas resmi.

Kesalahpahaman inilah yang sering dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan mengatasnamakan PLN. Lalu, bagaimanakah biasanya modus penipuannya dan bagaimana ciri ciri petugas resmi PLN?

Berikut beberapa modus operandi oknum-oknum tersebut yakni menawarkan jasa pasang baru, tambah daya, rubah tarif, penyambungan sementara (Acara, Pesta, dll), penggantian kWh meter secara illegal tanpa melalui jalur yang sah dan resmi.

Menawarkan paket subsidi listrik, Menjual peralatan seperti box kWh meter, kartu gantung meter, alat penghemat listrik, disertai paksaan atau bahkan ancaman. Berpura-pura sebagai petugas PLN yang menagih rekening listrik yang tertunggak atau memeriksa instalasi listrik di rumah pelanggan.

Menyebarkan surat atau pemberitahuan mengenai pemadaman listrik untuk kemudian memaksa pelanggan membayar sejumlah uang sebagai pembayaran genset.
Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada pada oknum yang tidak bertanggung jawab.

Adapun ciri-ciri petugas resmi berikut: Petugas PLN memiliki surat tugas. Pegawai atau mitra PLN menggunakan tanda pengenal. Menggunakan seragam rapi.
Tidak menerima pembayaran tunai. Transaksi hanya bisa dilakukan di bank atau payment point online bank dengan tanda bukti berupa struk resmi dari bank atau tempat pembayaran online bank, bukan kuitansi yang dijual bebas di pasaran.

“Pemahaman tentang PLN dan ketenagalistrikan sangat penting agar masyarakat tidak menjadi korban penipuan dengan modus seperti di atas.

New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN,” katanya.

Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)