Direktur Niaga dan Manajemen PT.PLN Bob Saril

Jakarta, Aktual.com- Direktur Niaga  dan Manajemen PT.PLN Bob Saril mengungkapkan instansinya akan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik untuk Kendaraan Listrik Berbasis Baterai(KLBB) yang ditargetkan pada tahun 2024 oleh pemerintah dan investasi swasta. Hal ini disampaikan pada webinar  yang bertajuk “Mekanisme Perizinan Berusaha Infrastruktur Pengisian KBLBB” Selasa (21/9).

“Untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), PLN sudah menyediakan program stimulus percepatan penggunaan kendaraan tersebut,  meskipun pada kenyataanya belum sampai 2.000 Electric Vehicle (EV) yang terjual di pasaran.” Katanya

Program ini terbagi menjadi terdiri dari dua kategori pemilik KLBB yaitu pelanggan PLN home charging dan pemilik instalasi listrik privat dan badan usaha Stasiun SPKLU/SPBKLU berdasarkan Permen 13/2020.

Dalam forum yang sama Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari memaparkan pada tahun 2021 sudah terdapat 166 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 135 lokasi.

“Kita sudah memiliki SPKLU lebih dari 100 unit yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bandung, dan untuk SPBLKU sudah ada 81 unit yang tersebar di 80 lokasi.” Ungkap Ida.

(Shavna)

(Arie Saputra)