Jakarta, Aktual.com-PT Perkebunan Nusantara X menghentikan sementara operasional giling Pabrik Gula Watoetoelis di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia Jumat (23/2), perseroan mengalihkan operasional tanaman (on farm) di bawah Pabrik Gula Watoetoelis kepada Pabrik Gula Kremboong di Kabupaten Sidoarjo dan Pabrik Gula Gempolkrep di Mojokerto.

“Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan segera ditetapkan lebih lanjut,”dalam keterbukaan tersebut seperti dikutip dari bisnis.com di Jakarta, Minggu (25/2).

Penutupan sementara operasional Pabrik Gula Watoetoelis dilakukan akibat semakin menurunnya luas areal tanaman tebu wilayah binaan Pabrik Gula Watoetoelis, sehingga berimbas pada tidak terpenuhinya pasok bahan baku kebutuhan operasional dan kinerja Pabrik Gula Watoetoelis yang beberapa tahun belakangan mengalami penurunan, menyebabkan kerugian operasional produksi Perusahaan.

Lebih lanjut, sebagai upaya untuk mengefisienkan operasional giling, PT Perkebunan Nusantara X perlu mengoptimalkan penggilingan bahan baku tebu asli daerah ke Pabrik Gula lain di dalam lingkungan PT Perkebunan Nusantara X yang efisiensinya lebih baik tetapi juga memiliki idle capacity untuk penyerapan tambahan bahan
baku tebu.

(Bawaan Situs)