Papua, Aktual.com – Kepolisian Daerah (Polda) Papua membeberkan data-data kerusakan akibat demo tolak rasisme yang berujung anarkis di Kota Jayapura pada Kamis pekan lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan dari lima distrik (kecamatan,red) yang ada di ibu kota Provinsi Papua itu, satu distrik dan lima kelurahan yang kerusakannya paling parah akibat unjuk rasa yang kebablasan.

“Ini data sementara, masih ada yang mungkin belum terdata sehingga diharapkan kepada warga untuk melaporkan ke pihak berwajib,” katanya, Selasa (3/9).

Adapun perincian kerusakan materiil bangunan gedung, kantor, kios warga dan kendaraan yang terbakar/dibakar di Distrik Abepura yaitu Kantor Sidang Majelis Rakyat Papua MRP) di Kotaraja, rumah makan Pak Alan B2/RW, warung depan Agro Abepura.

Kemudian bangunan yang dirusak atau dilempari jendela kacanya, meliputi Pos PJR Unit Skyline, Kantor Lembaga Pemberdayaan Keagamaan Papua (LPKP) Provinsi Papua, Pengadilan Tinggi Agama Kota Jayapura, Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua, toko Trinity Home, ruko Outlet Papua, Kantor Notaris Oktoianti, dan Bank BTPN Kotaraja.

Lalu, toko Yulen Batik Papua, dealer Toyota Hasjrat Abadi Kotaraja, Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua, mal Abepura Ramayana, Kantor DPRD Kota Jayapura, Bank Muamalat Kotaraja, rumah makan Padang Rasaki, Kantor Pajak Kotaraja, dealer Mitsubishi Motor PT Bosowa Berlian, Kantor Pengadilan Agama Jayapura Kelas 1 B, Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI Provinsi Papua, dan Kanwil Pos Papua dan Maluku.

(Abdul Hamid)