Kupang, Aktual.com – Kepolisian Resor Kupang Kota, mengejar tiga tahanan yang melarikan diri dari dalam tahanan di Polsek Kelapa Lima pada Rabu (30/12) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita.

“Mereka kabur setelah bisa menembus lubang trali fentilasi di dalam tahanan dengan cara memotongnya,” kata Kapolres Kupang Kota AKBP Budi Hermawan kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Budi Hermawan mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikkan terhadap kaburnya tiga tahanan yang masing-masing berinisial AR terkait kasus penganiayaan, YT kasus pencurian dan WJ kasus pengrusakkan.

Ia mengakui ada unsur kelalaian dari anggotanya sehingga ketiga tahanan tersebut bisa kabur dari sel tahanan.

Oleh sebab itu, 20 anggota polisi yang bertugas menjaga pada malam hingga subuh pagi tadi akan diperiksa terkait kelalaian mereka dalam bertugas.

Di samping itu, pihaknya juga akan memeriksa lima orang tahanan yang berada satu sel dengan orang tahanan yang kabur tersebut.

“Kita akan periksa semuanya mulai dari polisi yang bertugas serta sesama rekan tahanan,” ujarnya.

Para tahanan itu melarikan diri setelah berhasil menggergaji trali fentilasi dengan menggunakan gergaji besi.

Kuat dugaan kalau proses penggergajian fentilasi ini sudah berlangsung lama karena tidak mungkin hanya dilakukan satu hari saja.

Ia menambahkan saat ini pengerjaan para tahanan yang kabur sedang dilakukan. Pihaknya telah menyebarkan anggota guna menangkap kembali para tahanan tersebut.

“Anggota sudah saya perintahkan untuk menyisir ke rumah keluarga dan juga kenalan para tahanan yang kabur. Kami berharap keluarga para tahanan bisa membantu kami dengan menyerahkan kembali tahanan yang kabur sehingga proses hukumnya bisa secapat selesai,” imbau mantan Kapolres Sikka itu.

Untuk mengantisipasi agar hal tersebut, pihaknya akan memperkecil sel tahanan yang saat dinilai terlalu lebar.

“Ini jadi pembelajaran bagi anggota kami ke depan agar lebih siaga lagi. Mulai dari melakukan pemeriksaan barang dan keluarga tahanan yang datang menyenguk dan selalu siaga saat tugas piket,” ujar.

Akibat kaburnya ketiga tahanan tersebut, Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya langsung memantau lokasi tersebut dan meminta agar kelima tahanan yang merupakan teman satu sel tiga tahanan yang melarikan diri itu akan langsung dipindahkan ke tahanan Polres Kupang Kota.

(Ant)

()