Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua PWI Pusat Margiono (kedua kanan), Ketua Dewan Pers Yoseph Adhi Prasetyo (kedua kiri), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan), dan Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri), memukul tifa sebagai tanda peresmian puncak Hari Pers Nasional 2017 di Ambon, Maluku, Kamis (9/2). Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berharap media arus utama (mainstream) bisa meluruskan pemberitaan yang "bengkok", terkait maraknya berita palsu atau hoax. ANTARA FOTO/Embong Salampessy/pd/17.

Timika, Aktual.com – Polres Mimika, Papua, mengharapkan media massa semakin profesional dalam menjalankan tugasnya, untuk memberi pencerahan kepada masyarakat.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon mengatakan peran media massa sangat penting dewasa ini terutama dalam hal mencerdaskan masyarakat.

“Sebagai mitra dari kepolisian, pemerintah dan masyarakat, media massa diharapkan terus mengangkat berita-berita yang faktual dan disajikan secara profesional. Fakta yang sesungguhnya ada di lapangan dan di tengah masyarakat kita itulah yang diangkat, bukan berita hoax,” kata Victor di Timika, Minggu (12/2).

Menurut Victor, kehadiran media massa di Mimika masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan masyarakat. Masyarakat, katanya, masih sangat percaya dengan pemberitaan yang ada di media massa baik cetak maupun elektronik.

Dengan kondisi seperti itu maka media massa dituntut untuk menyajikan informasi yang benar dan akurat, berimbang serta tidak melebih-lebihkan atau mengurangi fakta yang ada.

“Sajikan berita sesuai fakta yang sebenarnya, tidak boleh memelintir fakta atau memanas-manasi situasi. Apalagi masyarakat kita sangat percaya terhadap informasi yang disampaikan oleh media. Media jangan menyampaikan khabar bohong yang bisa memicu terciptanya opini yang menyesatkan di tengah masyarakat.”

Guna memeriahkan Hari Pers ke 71, jajaran Polres Mimika menggelar olahraga futsal bersama awak media di Timika pada Sabtu (11/2).

Victor menyambut baik kegiatan olahraga bersama itu dalam rangka mempererat kebersamaan antara media massa dengan jajaran Polres Mimika.

“Polisi dan rekan-rekan media merupakan mitra sejajar, mari kita jaga dan pupuk terus kemitraan ini untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat di Kota Timika,” ujarnya.

(Wisnu)