Jakarta, Aktual.co — Kepolisian sudah menyetor empat nama perwira Polri sebagai calon ajudan Presiden Joko Widodo.
Keempatnya adalah AKBP Bakharuddin Muhammad Syah selaku Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Adapun Kombes Listyo Sigit Prabowo, bekas Kapolres Solo 2011-2012 dan saat ini menjabat Direktur Kriminal Umum Polda Sulteng.

Kemudian, Kombes Teddy Minahasa Putra, yang saat ini menjabat di Paminal Polri, serta Kombes Agus Wijayanto, Direktur Lalulintas Polda Sulteng.

Kapolri Jenderal Sutarman saat dikonfirmasi siapa yang akan dipilih Jokowi sebagai ajudannya, ia mengaku belum ada kabar dari Istana, soal siapa perwira yang akan ditunjuk.

“Belum, sampai sekarang saya belum mendapatkan jawaban soal itu,” kata Sutarman usai Salat Jumat di Mabes Polri kepada wartawan, Jakarta (24/10).

Bahkan, ketika ditanyakan apakah Teddy Minahasa sudah positif untuk menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla, lagi-lagi Sutarman mengaku belum tahu soal itu. “Sampai sekarang belum ada pemberitahuan resmi kepada kita (Polri),” ujarnya.

Karenanya, Kapolri meminta masyarakat untuk menunggu siapa yang akan dipilih oleh Presiden nantinya. “Kita tunggu saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Kapolri memastikan bahwa nama-nama calon ajudan yang disetor itu merupakan putra-putra terbaik Polri. Ada beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam mengirim calon ajudan itu, seperti angkatan dan lainnya. Namun semua kembali kepada user yang menggunakan.

Karena itu, Sutarman menambahkan, dari aspek intelektual, integritas, komunikasi harus sangat baik. Nah, yang memutuskan dan menilai itu semua nanti adalah Presiden sebagai user.

“Karena sehari-hari harus bertemu dengan presiden. Itu yang tahu persis adalah presiden. Jadi kami siapkan, beliau yang menilai,” tutupnya.

()

(Nebby)