Tanah Datar, Aktual.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri langsung upacara Batagak Gala atau pengukuhan gelar adat Datuak Rajo Basa bagi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

“Pak Prabowo insyaallah akan landing jam 09.00 WIB di BIM (Bandara Internasional Minangkabau) dan langsung menuju Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Padang,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (29/4).

Dari Lanud Sutan Sjahrir Padang, lanjut Andre, Prabowo langsung menuju Istano Basa Pagaruyung dengan menggunakan helikopter untuk menghadiri pengukuhan gelar adat Afriansyah.

Selain menghadiri Batagak Gala, Prabowo juga menyerahkan langsung bantuan berupa 20 unit ambulans bagi 19 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan RSUP M. Djamil Padang.

Usai menghadiri acara pengukuhan gelar adat tersebut, Prabowo dijadwalkan kembali ke Kota Padang untuk bersilaturahim dengan sejumlah tokoh Sumbar.

“Setelah itu, pukul 19.00 hingga 20.00 WIB beliau akan bertemu dengan para kader,” tambah Andre.

Agenda Prabowo di Sumatera Barat, Minggu (30/4), ialah menghadiri kegiatan pacu kuda di Batusangkar dan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Selain dihadiri masyarakat, upacara Batagak Gala di Istano Basa Pagaruyung itu juga dihadiri sejumlah kepala daerah dari berbagai kabupaten dan kota di Sumbar.(Antara)

(Warto'i)