Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo saat Peresmian Pembukaan R20 International Summit of Religious Authorities, Jakarta, 27 Nov 2023 (Youtube Sekretariat Presiden).

Jakarta, Aktual.com – Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menyatakan bahwa nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) akan diumumkan dalam minggu ini. Ari meminta semua pihak untuk menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Seperti yang disampaikan Presiden, minggu ini kita tunggu putusan Presiden,” kata Ari kepada wartawan, Selasa (28/11/2023).

Terkait nama Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang disebut sebagai salah satu kandidat, Ari yakin bahwa Presiden Jokowi akan memilih KSAD yang sesuai kriteria.

“Kan Pak presiden sudah menyampaikan, presiden tentu memilih dan memutuskan berdasarkan kriteria dan persyaratan yang ada, siapa yang eligible memenuhi syarat untuk memenuhi posisi itu,” kata Ari.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkap bahwa ia belum memutuskan sosok Jenderal yang akan diangkat menjadi KSAD pengganti Jenderal TNI Agus Subiyanto. Namun demikian, keputusan tersebut akan diumumkan pada pekan depan.

“(Nama KSAD) belum. Minggu depan ini saya kira kita putuskan,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).

Saat ditanya apakah Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak merupakan sosok yang akan menjadi KSAD baru, Jokowi enggan memastikan. Namun, ia menyebut bahwa Jenderal Bintang 3 itu memang salah satu kandidat.

“Salah satu kandidat, iya,” ungkap Jokowi.

Posisi KSAD menjadi kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada 22 November 2023. Agus menggantikan Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono, yang memasuki masa pensiun. Pelantikan Agus didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan